KKN ADALAH PENYEBAB KEHANCURAN NEGARA

ﻪﺘﺎﻛﺭﺒﻮ ﷲﺍ ﺔﻣﺣﻭ ﻡﮐﻳﻠﻋ ﻡﻼﺴﻠﺍ

•ﺍﺭﻳﺫﻧ ﻥﻳﻣﻠﻌﻠﻠ ﻥﻭﮑﻴﻠ ﻩﺪﺒﻋ ﻰﻠﻋ ﻦﺎﻗﺮﻔﻠﺍ ﻠﺯﻧ ﻯﺫﻠﺍ ﷲ ﺪﻣﺤﻠﺍ

ﻪﻠ ﻚﻴﺮﺸﻻ ﻩﺪﺣﻮ ﷲﺍ ﻻﺍ ﻪﻠﺍ ﻻ ﻦﺃ ﺪﻬﺸﺃ

• ﻩﺩﻌﺑ ﻱﻧﻻ ﻪﻠﻮﺳﺭﻭ ﻩﺩﺒﻋ ﺍﺪﻣﺣﻤ ﻥﺃ ﺩﻬﺷﺃﻭ

•ﺪﻌﺒ ﺎﻣﺃ• ﻦﻴﻌﻣﺠﺃ ﻪﺒﺎﺣﺼﺃﻮ ﻪﻠﺍ ﻰﻠﻋﻮ ﺩﻣﺣﻣ ﻰﻠﻋ ﻢﻠﺴﻮ ﻞﺼ ﻢﻬﻠﻠﺍ

ﻢﻳﺣ ﺮﻠﺍ ﻥﻣﺣ ﺮﻠﺍ ﷲ ﻢﺴﺒ ،ﻡﻴﺟ ﺮﻠﺍ ﻥﺎﻁﻳﺸﻠﺍ ﻥﻣ ﷲ ﺎﺑ ﺫﻮﻋﺃ


42. dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedangkan kamu mengetahui.

Dari lubuk hati yang paling dalam, marilah kita ucapkan puji dan syukur kehadirat Allah Azza Wajalla yang telah melimpahkan kasih sayang yang tiada terhingga kepada kita, maka dengan limpahan kasih sayang Allah itulah hingga kita dapat berkumpul ditempat ini.

Yang saya hormati,

Guru Bahasa Indonesia kita : Ibu Mardiana dan Teman- Teman ku yang saya cintai.

Pada hari saya akan berpidato tentang “ KKN Adalah Penyebab Kehancuran Negara”.

Penyakit Kronis yang sangat berbahaya terhadap bangsa dan negara ialah penyakit KKN, yaitu Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Bila suatu bangsa ingin selamat, maka bangsa itu harus mengikis habis penyakit KKN. Namun bila penyakit KKN tidak dapat dihapuskan , maka tunggulah kehancurannya.

Teman – teman ku yang berbahagia, sebagaimana kita ketahui bersama Korupsi ialah mengambil uang negara tanpa hak dan tidak sah. Kolusi ialah memberikan kemudahan kepada pihak tertentu atau melakukan persekongkolan untuk melaksanakan suatu usaha kegiatan diluar aturan resmi. Sedangkan Nepotisme ialah mengangkat orang – orang tertentu untuk suatu jabatan tertentu bukan berdasarkan kemampuan dan keahlian, namun berdasarkan hubungan kekeluargaan ( familisme ) .

Di dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 1 dan 2 dikatakan sebagai berikut : Perekonomian disusun atau usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan. Bumi, air, dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dimanfaatkan sebesar – besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Kita yang hidup di Indonesia umumnya hidup di bawah garis kemiskinan, namun terkadang oknum – oknum tertentu menghabiskan uang negara triliyunan rupiah, maka inilah yang menyebabkan hancurnya fundamental ekonomi Indonesia, hingga menyebabkan terjadinya krisis moneter yang berkepanjangan yang entah kapan berakhirnya.

Agama Islam sangat mengutuk tindakan korupsi, olusi dan nepotisme ( KKN ), karena KKN itu adalah suatu perbuatan yang merusak diri dan keluarga dam artian termasuk perbuatan yang keji. Allah berfirman dalam surat Al – Baqarah ayat 42 sebagai berikut :


42. dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu,  sedangkan kamu mengetahui.

Bila seseorang ingin mencari rezeki, maka dapatkanlah dengan cara yang halal, janganlah dicapai melalui Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN ). Dan bila Korupsi, Kolusi dan Nepotisme masih merajalela ditubuh bangsa Indonesi, maka negara ini tidak akan pernah aman, damai dan tentram, sebab KKN adalah penghancur tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk itu marilah kita hindari KKN ini dan persiapkanlah diri untuk menjadi warga negara yang baik, dan pemimpin negara yang mau mencegah  kemunafikan dengan jalan menuntut ilmu pengetahuan, mengisi diri dengan akhlak dan budi pekerti yang mulia.

Semoga bangsa dan negara kita dimasa yang akan datang adalah negara yang bersih dari kejahatan, aman, damai dan tentram serta hidup rukun antar umat beragama.

Sekian pidato dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf. Apabila ada kata – kata yang salah itu datangnya dari saya sendiri  dan kata yang benar datangnya dari Allah SWT.


About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s